Pengurus Lembaga Mahasiswa FAI UMJ Resmi Dilantik

 

Pengurus Lembaga Mahasiswa FAI UMJ Resmi Dilantik

Oleh :
Fazri Maulana
Pengurus Lembaga Mahasiswa FAI UMJ Resmi Dilantik
Pelantikan Kelembagaan Mahasiswa FAI UMJ di Auditorium KH. Mas Mansoer, Rabu (17/10/23)

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta (FAI UMJ) melantik pengurus lembaga mahasiswa FAI di Auditorium KH. Mas Mansoer, Rabu (18/10/23). Pelantikan ini dilaksanakan setelah stadium general bertajuk Rekonstruksi Organisasi Mahasiswa Demi Terciptanya Kepemimpinan Yang Inklusif.

Baca juga : Workshop Mahasiwa FAI Sebelum Turun Pengenalan Lapangan Persekolahan

Kegiatan ini menghadirkan narasumber Aktivis Hak Asasi Manusia (HAM) Haris Azhar, SH., M.A. Haris menganalogikan kelembagaan mahasiswa seperti jantung. Jika, organ ini tidak berfungsi maka gerakan mahasiswa akan mati.

“Kegiatan ini sangat penting. Kelembagaan menjadi jantung dalam gerakan mahasiswa, karena membuka ruang diskusi yang menjadi bahan untuk gerakan mahasiswa lebih aktif,” ungkap Haris.  Lebih lanjut, Haris menjelaskan bawa Muhammadiyah merupakan tempat lahirnya para pemikir bangsa. Ia berharap semua civitas akademika UMJ dapat mengikuti gerakan intelektualitas tersebut.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Dekan III FAI UMJ, Nurhadi, M.A., berharap kelembagaan FAI UMJ mempunyai gerakan yang berdampak kepada masyarakat dan Universitas. Menurutnya, kelembagaan berakar dimasyarakat dan akan kembali kepada masyarakat.

“Kelembagaan harus dinamis mempunyai koneksi dengan internal maupun eksternal sehingga berdampak luas. Kita harus kembalikan kelembagaan ke tengah masyarakat,” tutup Hadi.

Ketua Pelaksana Vito Rachmawan mengungkapkan bahwa adanya stadium general dan pelantikan ini kelembagaan FAI UMJ dapat mengimplementasikan roda organisasinya selaras dengan tema yang diusung.

Lembaga mahasiswa yang dilantik adalah Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM FAI UMJ), Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM FAI UMJ), Himpunan Mahasiswa Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (HMPKPI), Perbankan Syariah (HMPPS), Hukum Keluarga Islam (HKAI), Manajemen Zakat Wakaf (HMP Mazawa), Pendidikan Agama Islam (HMPPAI), Lembaga Semi Otonom (LSO) Jumrol, Teras Senja, dan FORSA.

Editor : Dian Fauzalia

Comments

Popular posts from this blog

Alumni Prodi Ilkom Berbagi Pengalaman Menjadi Praktisi

KUI dan Prodi Kessos Hadirkan Profesor dari California State University dalam Seminar Internasional

Pengajian Fokal IMM Bahas Muhammadiyah dan Pemilu 2024.